Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

ARTIKEL : KINI MENULIS PUISI SEMAKIN MUDAH



Puisi merupakan karya sastra yang memiliki nilai estetik tinggi. Dalam puisi terdapat berbagai macam unsur yang mendukung untuk terciptanya keestetikan sebuah puisi. Beberapa unsur diantaranya: diksi (pilihan kata), rima, irama, tipografi, enjambemen, efoni, hingga amanat (pesan yang ingin disampaikan penyair). Semua unsur tersebut sangat penting dalam sebuah badan puisi. Unsur-unsur tersebut pun tidak mudah untuk dirangkai. Namun sekarang untuk menulis puisi sangatlah mudah. Ada beberapa cara atau teknik untuk mempermudah dalam menciptakan karya puisi, yakni:


1. Teknik pasang silang, yaitu teknik yang sangat efektif untuk pemula yang baru belajar menulis puisi. Teknik ini hanya perlu untuk memilih dan memilah diksi yang diinginkan dan setelah itu dipasang dalam larik.
2. Teknik Akrostik, yaitu puisi jenis penamaan atau jika dibaca huruf depan tiap lariknya akan membentuk suatu makna, nama, atau istilah. Contoh:

Rupa kala mega berpeluh
Adalah cahya intan dalam dada
Tak dapat lepas pun musnah
Untaian kata selalu terjurai

3. Teknik pasang larik, yakni kita membuat banyak larik yang kemudian larik-larik tersebut bisa kita pasangkan di posisi yang diinginkan. Kita bisa mengubah posisi larik-larik hingga jadi puisi yang pas dan sarat makna.

Baiklah, semua teknik di atas bisa Anda terapkan untuk mempermudah membuat puisi. Bahkan hanya dalam waktu singkat Anda pasti bisa menulis puisi tanpa repot.



Bio Penulis :

Anggi Putri, pencinta sajak kelahiran Jombang. Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berdomisili di Surabaya. Karyanya termaktub dalam lebih dari seratus antologi bersama dan enam buku solo. Lebih akrab silakan hubungi akun facebook Anggi Putri W atau kunjungisimfonisenja7.blogspot.com.

0 komentar:

Posting Komentar